Menurut berita google sudah tak lagi memperhatikan kata kunci untuk peringkat blog sejak bulan Nobember 2022 yang lalu, hal ini terlihat sedikit sekali blog-blog yang dulunya eksis, kalau kita searching di papan searching google.
Apa Itu Meta Keyword?
Keywords adalah kata-kata yang menggambarkan topik atau tema konten blog atau website.
Meta keywords atau kata kunci meta adalah tag meta yang dapat Anda gunakan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada mesin telusur tentang konten halaman. Mereka ditemukan di kode sumber HTML laman web, dan tidak terlihat oleh pengunjung.
Menurut Moz, keywords adalah ide dan topik yang mendefinisikan tentang konten sebuah website.
Dalam dunia SEO, keyword merupakan kata-kata ataupun kalimat yang digunakan pencari ketika ingin menemukan informasi. Hal ini juga disebut sebagai “search query“.
Secara teknis, kata kunci adalah tag meta yang muncul di bagian HEAD HTML halaman. Mereka akan terlihat seperti ini.
<meta name=”keywords” content=”kata kunci1, kata kunci2, kata kunci3, kata kunci4”>
Google Tidak Lagi Perhatikan Kata Kunci
Kenapa kata kunci tak lagi berlaku? Hal ini dijelaskan SEJ berikut ini.
Kata kunci meta muncul di bagian HEAD dari halaman HTML sebuah websita atau blog. Tapi apakah ini semacam "sinyal bisikan" ke Google yang akan membantu web Anda mendapat peringkat lebih tinggi?
Kata kunci meta memungkinkan Anda memberi tahu mesin pencari topik apa yang dicakup pada halaman.
Tetapi bisakah kata kunci meta memengaruhi peringkat pencarian organik Anda?
Klaim: Kata Kunci Meta Adalah Faktor Peringkat
Karena kata kunci meta memberi Anda kemampuan untuk menambahkan jumlah kata kunci yang tampaknya tidak terbatas ke halaman Anda, pengaruhnya terhadap peringkat pencarian selalu dipertanyakan.
Pada tahun 2009, Pusat Pencarian Google menerbitkan postingan tentang tag kata kunci meta.
Pertanyaan pertama yang diajukan adalah, “Apakah Google pernah menggunakan tag meta kata kunci dalam peringkat pencarian webnya?”
Jawabannya? Tidak.
“Pencarian web kami (pencarian terkenal di Google.com yang digunakan ratusan juta orang setiap hari) sepenuhnya mengabaikan metatag kata kunci. Mereka sama sekali tidak berpengaruh pada peringkat pencarian kami saat ini.”
Mengapa Google mulai mengabaikan tag kata kunci meta?
“Karena tag meta kata kunci begitu sering disalahgunakan, bertahun-tahun yang lalu Google mulai mengabaikan tag meta kata kunci.”
Saat itu, Google tidak melihat keputusan ini berubah.
“Ada kemungkinan Google dapat menggunakan informasi ini di masa mendatang, tetapi kecil kemungkinannya. Google telah mengabaikan tag meta kata kunci selama bertahun-tahun dan saat ini kami melihat tidak perlu mengubah kebijakan itu.”
Dalam dokumentasi SEO Tingkat Lanjut Google Search Central, Google melanjutkan ke daftar tag meta yang mereka kenali untuk pencarian. Mereka termasuk deskripsi meta dan robot meta.
Kata kunci meta, bagaimanapun, tidak disebutkan dalam dokumentasi tentang tag meta.
Yahoo dan Bing juga mengabaikan tag kata kunci meta.
Pada tahun 2009, Yahoo mengungkapkan di SMX East bahwa tag kata kunci meta tidak didukung selama berbulan-bulan.
Pada tahun 2014, Bing menulis posting blog, "Blame The Meta Keyword Tag."
Di dalamnya, mereka menulis sebagai berikut.
“Hari ini, cukup jelas tag kata kunci meta sudah mati dalam hal nilai SEO. Tentu, itu mungkin memiliki nilai untuk sistem iklan kontekstual atau berfungsi sebagai sinyal untuk 'bot yang mengarungi web mencari topik untuk ditargetkan, tetapi sejauh pencarian berjalan, tag itu datar bertahun-tahun yang lalu sebagai pendorong.
Pada tahun 2021, Google memperbarui halaman tentang kata kunci yang tidak relevan. Di dalamnya, mereka memperkuat fakta bahwa Anda tidak boleh menggunakan kata kunci untuk "... muncul dalam daftar atau grup, atau di luar konteks (bukan sebagai prosa alami)"
Lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa penggunaan isian kata kunci di mana saja di halaman Anda dapat dianggap sebagai spam web:
“Mengisi halaman dengan kata kunci atau angka menghasilkan pengalaman pengguna yang negatif, dan dapat merusak peringkat situs Anda.”
Berdasarkan apa yang Google katakan kepada kami pada tahun 2009, bahwa kata kunci meta jelas bukan faktor peringkat Google – dan bahkan pada saat itu, kata kunci tersebut belum digunakan selama “bertahun-tahun” sebelumnya.
Kata Kunci: SEO Jadul
Intinya: kata kunci Meta adalah peninggalan dari era SEO yang telah berlalu.
Kapan kata kunci penting dalam tag meta? Mereka penting dalam deskripsi meta.
Karena Google terkadang menggunakan deskripsi meta dalam hasil pencarian, penting untuk memasukkan kata kunci utama dalam deskripsi meta yang ditulis dengan baik.
Meski demikian, jika Anda tetap menggunakan meta keywords yang wajar dan relevan, tidak masalah. Toh tidak semua rahasia faktor peringkat Google dipublikasikan. Kita tidah tahu
0 Response to "Google enggak lagi perhatikan kata kunci (meta keyword) untuk peringkat Blog"
Post a Comment